Optimisme Membawa USDJPY Naik Terbantu Yield Treasury AS yang Lebih Tinggi

Pasangan mata uang USDJPY hari ini mengalami kenaikan yang sangat baik di sesi awal perdagangan Eropa hari Selasa (2/2). Kenaikan ini telah mengirimkan pasangan sampai menuju ke puncak tertinggi dalam dua pekan terakhir. Sementara itu pergerakan terbaru memberikan indikasi bahwa Dolar AS berusaha membawa pasangan terbang ke sekitar nilai tukar 105,00.

Aksi kenaikan USDJPY hari ini juga terlihat bisa berlaku lebih panjang lagi. Karena aksi bullish telah berhasil melewati resistance dalam garis trend turn bulanan pada pekan lalu. Suasana pasar yang sangat optimis benar-benar membuat permintaan terhadap aset safe haven tradisional yaitu Yen Jepang menjadi lebih lemah.

Ada banyak sekali faktor yang memicu optimisme pasar global beberapa jam terakhir. Pertama ada laporan bahwa pembicaraan antara Presiden Biden dengan wakil Republik berangsung substantif dan baik. Walaupun pihak Republik sendiri mengatakan tidak ada kesepakatan pada masalah dana stimulus tersebut. Tapi pasar tetap merasa sangat senang atas upaya yang dilakukan oleh Biden tersebut.

Kenaikan Yield Treasury Membantu Dolar AS

Kenaikan USDJPY hari ini dihubungkan dengan lonjakan pada imbal hasil obligasi Treasury AS yang membantu Dolar AS bergerak lebih tinggi. Pasar sendiri memandang dalam jangka pendek aksi kenaikan msih bisa terjadi. Meski masih ada peluang turun sampai ke titik penembusan resistance untuk melakukan aksi pembelian lagi.

Para pelaku pasar dan investor berikutnya akan menunggu bagaimana dinamika pergerakan Dolar AS. Kemudian arah sentimen risiko global juga akan terus diperhatikan oleh pasar di tengah minimnya katalis untuk sesi Eropa hari ini. Dinamika imbal hasil obligasi Treasury AS bisa menjadi perhatian lain. Walaupun Dolar AS dinilai sebagai safe haven, pada beberapa keadaan, ketika yield Treasury naik bisa membawa Dolar AS dalam nada pembelian.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.