Pasca Pidato Kuroda, USDJPY Masih Stabil Tanpa Kejelasan Arah

Pergerakan pasangan mata uang USDJPY hari ini tetap tidak mampu menampilkan arah yang jelas dan bertahan di sekitar 103,75 sampai 104,00. Bahkan pasangan tidak mampu bergerak pasca adanya pidato terbaru dari Gubernur bank sentral Jepang. BoJ Kuroda memberikan pidato mengenai bagaimana pandangannya terhadap perekonomian negara tersebut.

Pidato Kuroda Diabaikan

Dia mengatakan bahwa ekonomi masih mengalami peningkatan. Walaupun sempat dalam kondisi yang sangat suram akibat pandemi virus Corona. Yen Jepang tampak tidak memberikan respon yang kuat dan membuat USDJPY hari ini stabil tanpa kejelasan arah. Kondisi Jepang yang masih darurat Corona juga gagal menggerakkan pasangan.

Kuroda menambahkan harga konsumen di kawasan Jepang bisa saja mengalami penurunan. Kemudian bisa mengalami kenaikan secara bertahap. BoJ Kuroda juga mengatakan siap untuk memberikan pelonggaran kebijakan yang lebih luas jika memang dibutuhkan untuk perekonomian. Sayangnya semua itu gagal memberikan dampak bagi mata uang Yen Jepang maupun arah sentimen risiko.

Nada kenaikan USDJPY hari ini juga tampak lebih berat. Kenaikan yang dibuat beberapa hari sebelumnya juga telah dihentikan setelah bangkit dari titik paling rendah 6 Januari kemarin. Dolar AS terbebani ketika imbal hasil obligasi Treasury AS dalam 10 tahun tidak lagi naik tinggi. Yield Treasury itu bertahan di sekitar 1,08% dan menjauh dari puncak 10 bulan terakhir di 1,18%.

Para pelaku pasar dan investor mungkin akan mulai fokus ke hal-hal lain di hari Kamis ini (14/1). Fokus akan tertuju ke berita pembaruan mengenai dana stimulus ekonomi AS. Banyak yang mengatakan bahwa Presiden terpilih AS yaitu Joe Biden akan memberikan pengumuman mengenai dana stimulus pada fiskal hari Kamis ini. Kemudian beberapa data ekonomi AS nanti malam juga akan diperhatikan sebagai katalis penggerak tambahan.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.