Pengangguran Canada Bertambah, Performa CAD Bervariatif

Nilai tukar CAD roboh pada pound, euro, dan beberapa besar mata uang mayor lain susul launching data posisi pengangguran Kanada yang melesat di bulan Januari kemarin.

Tetapi, USD/CAD malah roboh hampir 0.5 % ke range 1.2767 karena data ketenagakerjaan AS yang tidak kalah jeleknya.

Pengangguran Kanada Bertambah

Badan Statistik Kanada memberikan laporan posisi pengangguran naik jadi 9.4 % awalnya tahun ini, jauh tambah jelek dibanding perkiraan kesepakatan yang cuman sejumlah 8.9 %.

Ekonomi kehilangan 212.8k pekerjaan dalam masa yang serupa. Angka itu berulang-kali lipat semakin besar dibandingkan perkiraan kesepakatan yang sebesar -47.5k, sekalian lebih kronis dibanding -68.2k pekerjaan di bulan Desember 2020.

Pasar tenaga kerja telah mengarah ke arah yang keliru pada Desember, dan tidak cuma lagi melorot pada Januari, tetapi justru mencapai akselerator, kata Royce Mendes.

Pengurangan pekerjaan lebih dari 5 kali lipat atas sesuatu yang diprediksi oleh kesepakatan. Beberapa ekonom memiliki pendapat gelombang ke-2 wabah COVID-19 di Kanada.

Berikut peraturan lockdown yang diaplikasikan untuk membendungnya, tidak mempunyai imbas yang serupa dengan gelombang pertama. Keadaan kemungkinan nampak jelek, tapi sesungguhnya telah lebih bagus dibandingkan tahun kemarin.

Rugi tidak begitu kronis dan konsentrasinya lebih sempit. Kenyataannya, keseluruhan jam kerja betul-betul bertambah di bulan Januari karena pekerjaan yang raib terpusat pada pekerjaan separuh waktu, kata Mendes.

Mengakibatkan, dampak pada GDP semestinya tidak begitu menonjol dibanding yang diperlihatkan oleh data pengurangan pekerjaan khusus.

Gabungan dari kasus Covid baru harian yang semakin sedikit dan perintah penutupan usaha yang lebih lunak bisa membuat perkembangan lapangan pekerjaan kembali dalam sekejap, sama seperti yang terjadi sesudah gelombang pertama.

Dolar Kanada tertopang oleh peningkatan harga minyak mentah, komoditi export intinya. Harga minyak mentah type WTI sudah reli non-stop sepanjang seminggu dari USD52 jadi lebih dari USD56 per barel.

Ingat Kanada adalah exportir minyak untuk AS, peningkatan harga ini memberikan keuntungan CAD dibanding USD meskipun Amerika Serikat termasuk juga produsen minyak hebat dunia.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.