Sikap Ragu Bank of England Mempengaruhi Nilai Pound Sterling

Dalam beberapa kuartal mendatang, Bank of England (BoE) terlihat tidak memiliki kepastian yang cukup, dan hal ini kemungkinan besar akan memberikan beban tambahan terhadap nilai Pound Sterling (GBP), demikian yang dilaporkan oleh para ekonom di Commerzbank.

BoE Tampak Ragu-Ragu dalam Kebijakan Suku Bunga

Meskipun masih ada kemungkinan kenaikan suku bunga di masa depan, BoE nampaknya berharap adanya data-data yang akan dirilis di masa mendatang sebagai dasar untuk menentukan langkah selanjutnya. Namun, pasar keuangan nampaknya tidak sependapat dengan pandangan optimis yang dipegang oleh BoE. Estimasi suku bunga terminal saat ini berada di angka 5,5%, yang tampaknya terlalu tinggi mengingat sikap ragu-ragu yang ditunjukkan oleh BoE.

Ekspektasi Suku Bunga Harus Dikoreksi

Dalam situasi ini, pasar kemungkinan harus menurunkan ekspektasi terhadap suku bunga, dan itulah sebabnya kami tetap mempertahankan prakiraan kami bahwa nilai Pound Sterling akan mengalami pelemahan terhadap Euro (EUR) dalam beberapa bulan mendatang. Berbeda dengan sikap ragu-ragu BoE, European Central Bank (ECB) terlihat lebih bertekad dalam pernyataan-pernyataannya, dan hal ini seharusnya memberikan dukungan terhadap nilai Euro.

Pelemahan GBP Berlanjut di Tahun Depan

Selain itu, pelemahan Pound Sterling juga kemungkinan akan berlanjut di tahun depan, karena BoE diperkirakan akan menurunkan suku bunga utamanya mengingat kelemahan dalam pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi yang agak lebih rendah.

Dalam kesimpulan, sikap ragu-ragu Bank of England terhadap kebijakan suku bunga tampaknya akan mempengaruhi nilai Pound Sterling di masa depan. Dalam jangka pendek, pasar harus menyesuaikan ekspektasi terhadap suku bunga yang lebih realistis, sementara dalam jangka panjang, pelemahan GBP terhadap EUR diperkirakan akan terus berlanjut, terutama jika BoE memang menurunkan suku bunga utamanya di tahun mendatang.

Leave a Comment

Copyright © 2023. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.