USDCAD Turun Ke Terendah Dua Pekan Ketika Indeks Dolar AS Turun dan Risk On Berlaku

Pergerakan pada pasangan mata uang USDCAD hari ini terus memperpanjang fase konsolidasi yang terjadi sejak sesi Asia tadi pagi. Saat ini pasangan bergerak di sekitar titik yang paling rendah dalam dua pekan terakhir pada 1,3200. Penyebab penurunan yang cukup dalam disponsori oleh pelemahan mata uang Dolar AS secara luas. Sehingga aset berisiko termasuk Dolar Kanada mampu mencetak kenaikan yang mengesankan.

Indeks Dolar AS Jatuh Bersama Risk On

Tren penurunan yang terlihat pada indeks Dolar AS terjadi ketika pasar global dikuasai oleh rasa optimisme. Penyebabnya adalah adanya berita tentang stimulus fiskal AS yang kembali menumbuhkan harapan kebangkitan ekonomi AS.

Kemarin Trump menyatakan penolakan atas dana stimulus yang dibicarakan oleh Demokrat dan Republik. Namun saat ini Trump dilaporkan bersedia memberikan kesempatan dana stimulus ekstra besar. Selain itu saat ini ketidakpastian perpolitikan AS juga sudah cukup mereda. Didukung lagi oleh kondisi kesehatan Presiden Trump yang terus membaik menyebabkan permintaan safe haven Dolar AS hancur dan menyeret USDCAD hari ini jatuh lebih dalam.

Indeks Dolar AS hari Jumat ini (9/10) bergerak di sekitar level 93,43 atau mewakili penurunan sebesar 0,15% akibat risk on yang berlaku. Dorongan tambahan yang membantu Dolar Kanada mendominasi pergerakan adalah pembaruan posisi harga minyak mentah. Akibat adanya gangguan produksi dari produsen energi Norwegia, harga minyak melompat bersama dengan risk on.

Untuk pergerakan USDCAD hari ini mungkin akan tetap fokus pada pembaruan berita tentang stimulus ekonomi AS. Kemudian data mengenai tingkat pengangguran Kanada juga akan diperhatikan sebagai gambaran bagaimana kondisi ekonomi negara tersebut.

Data itu diharapkan akan mengalami perbaikan tingkat pengangguran di bawah 10%. Jika itu terjadi maka akan membantu USDCAD untuk terjun lebih dalam. Tapi jika suram maka membantu USDCAD untuk memulihkan diri dari penurunan ini.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.