USDCAD Turun  Memperpanjang Bias Bearish Karena Risk On Dan Kenaikan WTI

Pasangan mata uang USDCAD hari ini masih dalam bias bearish yang lebih dalam lagi. Salah satu penyebabnya adalah mata uang Dolar Kanada yang mampu memperpanjang dominasinya. Karena banyak dari para pelaku pasar dan investor yang merasa optimis dengan vaksin virus Corona. Dengan nada risk on itu, pasangan USDCAD saat ini bergerak turun menuju ke nilai tukar 1,3067 atau mewakili penurunan sampai 0,34%.

Risk On Mendukung Loonie

Arah sentimen risiko global menjadi kuat sejak hari Senin awal pekan kemarin. Salah satu pihak yang mengembangkan vaksin yaitu Moderna merilis hasil pengujian vaksinnya. Moderna melaporkan dari hasil uji klinis menghasilkan vaksin efektif mencegah infeksi sampai dengan 94,5%. Apa yang disampaikan oleh Moderna itu senada dengan berita dari Pfizer mengenai vaksinnya. Sehingga mendorong aksi pembelian aset-aset berisiko global.

Dilain sisi pendukung USDCAD hari ini untuk turun adalah adanya nada penjualan mata uang Dolar AS sebagai aset safe haven. Secara otomatis aliran risk on menyebabkan kerugian besar bagi greenback. Pergerakan saham Asia seperti Nikkei 225 bersama ASX 200 juga mencatatkan kenaikan yang meyakinkan.

Selain adanya aksi risk on pasar global, pendukung USDCAD hari ini untuk naik adalah kenaikan harga minyak mentah global. Minyak mentah berjangka di WTI mencatatkan kenaikan yang cukup tinggi sampai 0,50% menuju ke 41,50. Sementara itu hari Senin kemarin WTI juga berhasil mencetak kenaikan sangat tinggi sampai 2% karena risk on.

Kenaikan harga minyak mentah secara tidak langsung akan membantu nada pembelian di sekitar mata uang Dolar Kanada. Sebab minyak adalah komoditas ekspor utama Kanada dimana dengan kenaikan harga maka membantu permintaan beli Dolar Kanada juga mengalami kenaikan yang lebih tinggi lagi.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.