USDJPY Turun Tajam Ketika Berlangsung Debat Calon Presiden AS

Dolar AS berhasil mengirim pasangan untuk terjun menuju ke nilai tukar 105,35. Salah satu katalis penggerak pasangan mata uang ini adalah adanya acara utama debat calon Presiden AS antara Trump melawan Biden.

Pasar keuangan global memandang adanya perbedaan antara pernyataan dari kedua calon tersebut. Terutama pada masalah pandemi virus Corona yang sangat merusak perekonomian AS. Penurunan saat ini sepertinya secara perlahan akan mampu menghapuskan beberapa bias positif yang dibangun hari Kamis kemarin.

Digerakkan Oleh Debat Calon Presiden AS

Sementara itu Trump terus menolak semua hambatan-hambatan yang diklaim terjadi saat ini. Bahkan Trump juga mengatakan kesepakatan dana stimulus antara Menkeu Mnuchin dan Ketua DPR Nancy Pelosi akan bisa segera tercapai dalam waktu dekat. Stimulus itu akan bisa disahkan sebelum pemungutan suara berlangsung. Biden sendiri tampak lebih tenang untuk menghadapi beberapa pertanyaan saat acara ini.

Dari sisi lain Yomiru Jepang mengungkapkan bahwa Tokyo mengatakan kepada AS mereka tidak akan ikut pada rencana Trump mengecualikan beberapa perusahaan asal China pada jaringan telekomunikasi. Pada akhirnya masalah ini akan membantu nada risiko global. Meski begitu saham Asia masih dalam penurunan senada dengan USDJPY turun saat ini. Walaupun kontrak berjangka justru mengalami kenaikan.

Sementara hari Kamis kemarin, sentimen pasar sempat mengalami penurunan ketika adanya aliran menuju ke aset safe haven seperti Yen Jepang. Sepertinya hari ini nada serupa masih cukup bertahan terbukti dengan USDJPY turun cukup dalam saat sesi Asia. Penyebabnya ketidakpastian stimulus ekonomi AS dan kondisi Eropa yang terus memburuk akibat pandemi ini. Debat Trump dan Biden masih akan menjadi fokus dalam jangka pendek beberapa jam mendatang.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.