Yuan China Menguat Membawa USDCNH Turun Pasca Data China yang Optimis

diMata uang Yuan China hari ini mengalami penguatan dan berhasil membawa pasangan USDCNH untuk turun sampai 0,42% menuju ke nilai tukar di 6,7100. Penguatan Yuan China terjadi saat pertengahan sesi Asia hari Jumat (9/10) setelah data China sangat menggembirakan.vBeberapa saat yang lalu, China baru saja merilis data mengenai IMP sektor jasa Caixin untuk bulan September.

Data itu dilaporkan mencatatkan kenaikan sampai ke 54,8 lebih tinggi dari laporan bulan sebelumnya yang berada di 54,0. Data ini menjadi gambaran bahwa perekonomian China terus berusaha untuk memulihkan diri lebih panjang pasca kehancuran akibat pandemi virus Corona.

Kemudian selain data ekonomi China yang mengesankan, Yuan China hari ini menguat juga disebabkan oleh kesuksesan China bergabung bersama program vaksin oleh WHO. Itu semua terlepas dari konflik global masalah tuduhan kepada China pada masalah penyebab utama pandemi.

Aset Berisiko Positif

Bersama dengan penurunan USDCNH yang menjadi indikasi nada optimisme pasar, beberapa aset berisiko juga mengalami kenaikan seperti saham China yang bergerak naik. Salah satu penyebab risk on adalah adanya berita terbaru mengenai stimulus yang mendukung aliran permintaan aset berisiko global.

Pasalnya dilaporkan Trump berubah menjadi siap untuk membahas stimulus ekstra besar yang kemarin sempat dia tolak dengan keras. Selain itu kondisi kesehatan Trump yang dilaporkan terus membaik juga membantu nada risiko global terus menguat sepanjang sesi Asia Jumat ini.

Bersama Yuan China hari ini yang mendominasi pergerakan, kontrak berjangka S&P 500 juga mengalami kenaikan yang mengesankan. Untuk pergerakan disekitar pasar keuangan global selanjutnya, para pelaku pasar dan investor mungkin akan lebih fokus pada berita mengenai stimulus AS. Kemudian berita mengenai vaksin juga akan menawarkan arah pergerakan lebih lanjut lagi.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.