Investasi Perhiasan Emas Bisa Untung, Simak Tips Ini!

Emas sebagai salah satu instrumen investasi jangka panjang terbaik memang tak usah diragukan lagi kualitasnya. 

Ada beragam bentuk investasi emas, mulai dari investasi emas batangan, investasi emas antam, investasi emas 24K, investasi emas di pegadaian hingga investasi perhiasan emas.

Sejak dahulu kala, para orangtua sering memberikan nasihat kepada anak-anaknya untuk pandai menyimpan uang dalam bentuk emas. Sebab, salah satu sifatnya yang likuiditas dan bernilai universal sehingga emas akan dengan mudah dijual saat kita membutuhkan uang.

Meskipun begitu, investasi perhiasan emas apakah benar menguntungkan? Pada akhirnya, banyak orang mulai mempertanyakan kredibilitas investasi perhiasan emas dalam meraup keuntungan sebagai alat investasi.

Malah, yang terjadi adalah kerugian karena nilainya yang menurun saat dijual kembali. Saat kita membeli perhiasan emas untuk dijadikan investasi, kita juga dibebankan sejumlah biaya tambahan lainnya seperti jasa pembuatan atau ongkos pengerjaan dan pajak.

Sebagai contoh saat kita membeli perhiasan emas berupa kalung seberat 10 gram dengan nilai jual satu gramya adalah Rp400 ribu. Maka kita akan mengeluarkan Rp4 juta untuk membeli perhiasan kalung emas tersebut.

Saat menjualnya kembali, uang yang akan kita dapatkan belum tentu akan genap Rp4juta juga. Kita akan dikenakan beban biaya jasa pembuatan emas misalnya saja Rp10 ribu per gram. 

Alhasil untuk emas seberat 10 gram yang kita jual, kita hanya akan mendaaptkan Rp3,9 juta.

Walaupun mengalami penurunan harga jual, kita tetap bisa meraup keuntungan yang maksimal melalui investasi perhiasan emas dengan berbagai tips berikut ini.

Sebelum Berinvestasi, Ketahui Dulu Untung dan Rugi Investasi Perhiasan Emas

Untungnya investasi perhiasan emas adalah modal yang dibutuhkan terbilang cukup sedikit dan terjangkau dibandingkan investasi emas batangan atau investasi logam mulia.

Akan tetapi, kerugian yang akan kita dapatkan adalah harga jual perhiasan emas dengan emas dalam bentuk batangan atau logam mulia berbeda. Sebab, biasanya perhiasan emas memiliki kualitas karat 19K, 21K, atau 23K.

Sedangkan investasi emas batangan atau logam mulia memiliki kadar karat sebesar 24K. Jadi, saat menjual perhiasan emas, harga jual yang akan kita dapatkan tentu saja berbeda.

Berapa Harga Emas Hari Ini?

Tips investasi perhiasan emas selanjutnya adalah mencari tahu berapa harga emas pada saat itu di mana kita akan membeli emas.

Sekalipun emas dinilai memiliki nilai ekonomi yang stabil tetapi tak dipungkiri emas bisa saja mengalami fluktuatif sehingga kita harus memastikan harga emas di saat kita akan membelinya.

Membeli Perhiasan Emas di Toko Emas Berkredibel dan Bereputasi Baik

Saat ingin investasi emas batangan, kita sudah mengetahui bahwa toko emas yang memiliki kredibilitas tinggi dan reputasi baik adalah Logam Mulia atau Antam. 

Setidaknya kita sudah tahu kemana perginya saat ingin investasi emas batangan. Namun, bagaimana dengan investasi perhiasan emas?

Kita juga tetap harus mencari toko perhiasan emas terbaik yang memiliki reputasi baik dan kredibilitas yang baik juga. 

Bila asal saja membeli perhiasan emas, maka risiko kerugian yang akan kita dapatkan adalah beban biaya tambahan yang terlalu banyak dan mahal hingga kualitas emas yang patut dipertanyakan.

Jangan sampai nantinya kita membeli emas yang sulit dijual di toko perhiasan emas lainnya karena kualitas emas yang dipertanyakan. Oleh karena itu, lebih teliti lagi saat memilih toko emas.

Lihat Kadar Emasnya, Sebaiknya Pilih Perhiasan Emas dengan Kadar Paling Tinggi

Ada banyak kadar pada perhiasan emas yang harus kita ketahui. Misalnya saja ada perhiasan emas 9 karat, 14 karat, 18 karat, 21 karat, hingga 24 karat.

Masing-masing karat tersebut memiliki kadar emas yang berbeda-beda. Semakin tinggi kadar perhiasan emas maka semakin tinggi kandungan emas di dalamnya. 

Begitu juga yang terjadi sebaliknya, semakin rendah kadar emas maka semakin sedikit kandungan emas di dalam perhiasan tersebut.

Untuk hasil harga jual perhiasan emas yang tinggi, sebaiknya pilih perhiasan emas dengan kadar 23 atau 24 karat. Semakin tinggi kadar emas tersebut maka semakin tinggi nilai jual dan belinya.

Bolehkah Perhiasan Berlapis Emas Dijadikan Investasi?

Bila dihadapkan pada pertanyaan, bolehkah perhiasan berlapis emas dijadikan investasi? Maka jawabannya sudah bisa dipastikan tidak boleh dan sebaiknya dihindari.

Sebab, perhiasan berlapis emas merupakan suatu perhiasan berbahan utama logam yang hanya dilapisi emas. Jadi, perhiasan tersebut bukan emas sepenuhnya. Umumnya, kadar emas pada perhiasan yang seperti ini hanya 10 karat.

Selain itu, dari segi kualitas, perhiasan berlapis emas ini terbilang cukup rentang. Kerapuhan perhiasan tersebut juga bergantung pada tebal dan tipisnya lapisan emas di permukaan.

Sementara itu, semakin sering kita gunakan perhiasan berlapis emas ini maka risiko hilangnya kandungan atau kadar emas pada perhiasan juga mungkin saja terjadi. Jadi, perhiasan berlapis emas belum cocok untuk dijadikan instrumen investasi.

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.