Kumpulan Quotes Investasi Saham dari Para Ahli

Semakin lama semakin banyak orang yang mulai terjun ke dunia investasi saham. Selain belajar ilmu investasi, mereka juga biasanya mencari beberapa quotes investasi saham yang bisa memotivasi dan membuat semangat.

Quotes investasi saham ini juga biasanya berasal dari omongan para investor-investor sukses, sehingga bisa kamu contoh agar investasi kamu berjalan lancar.

Karena itu, saat berinvestasi saham, kamu perlu juga mempelajari ilmu-ilmu dari para ahli investasi saham. Sebab, para investor saham yang sukses juga harus terlebih dahulu merasakan berbagai pengalaman pahit saat berinvestasi. 

Ada baiknya, kita perlu mempelajari kata-kata bijak atau quotes investasi saham dari mereka sebagai rujukan dalam berinvestasi.

Quotes Investasi Saham dari Warren Buffett 

Kamu yang hendak belajar investasi saham perlu mengenal sosok Warren Buffett, salah satu investor tersukses dan legendaris di dunia. Selain sebagai pengusaha sukses, investor asal Amerika Serikat ini juga kerap membagikan motivasi quotes investasi saham kepada investor maupun calon investor.

Beberapa quotes investasi Warren Buffett diantaranya:

“Aturan pertama adalah jangan pernah kehilangan uang. Dan aturan kedua adalah jangan pernah lupakan aturan pertama.”

Kutipan ini dikenal sebagai kutipan dasar filosofi Warren Buffett dalam berinvestasi. Warren yang memulai investasi sejam usia 11 tahun ini menekankan pengembangan modal harus menjadi prioritas utama bagi investor mana pun ketika memutuskan untuk menginvestasikan uang ke pasar. Warren Buffett juga menekankan agar investasi dilakukan secara rasional.

“Periode meng-hold saham favorit adalah selamanya.”

Filosofi Warren Buffet ini dapat diartikan untuk investasi sebaiknya dilakukan untuk tujuan jangka panjang. 

Alih-alih memperoleh keuntungan dalam jangka waktu pendek dan cepat, Warren Buffett mempertimbangkan fundamental kemampuan perusahaan untuk membangun investasi jangka panjang dan konsisten meningkatkan keuntungan.

“Harga adalah apa yang Anda bayar, nilai adalah apa yang Anda dapatkan.”

Salah satu kutipan Warren Buffett ini terkenal di kalangan investor saham karena menyinggung pendekatan nilai dan mengungkapkan bagaimana ia menghasilkan kekayaannya. 

Quotes investasi saham berikutnya dari Warren Buffett adalah 

“Jauh lebih baik untuk membeli perusahaan yang bagus dengan harga yang wajar, daripada perusahaan yang wajar dengan harga yang luar biasa.”

Kutipan Warren ini mengandung arti jika saat berinvestasi, investor sebaiknya mempertimbangkan dengan baik fundamental suatu perusahaan sebelum berinvestasi. 

Menurutnya, harga terlalu rendah bukanlah satu-satu kriteria untuk membeli saham perusahaan.

“Kualitas terpenting bagi seorang investor adalah temperamen, bukan kecerdasan.”

Kutipan Warren Buffett ini menyinggung alasan dibalik sebagian besar orang yang gagal berinvestasi adalah karena ketidakrasionalan seseorang saat berinvestasi. 

Buffett mengatakan untuk sukses berinvestasi bukan lebih pintar dari investor lain, tetapi lebih disiplin terhadap reaksi mengatasi irasionalitas pasar.

“Jangan pernah berinvestasi dalam bisnis yang tidak dapat Anda pahami.”

Melalui kutipan ini, Buffett mengatakan, alasan utama mengapa orang kehilangan uang saat berinvestasi adalah karena mereka berinvestasi dalam aset atau bisnis yang tidak mereka pahami.  

Tidak sedikit mereka memiliki jenis investasi hanya karena saran dari keluarga, teman, atau melihat kesuksesan orang lain. Kurangnya pemahaman terhadap investasi yang dipilih menjadi penyebab awal kegagalan dalam berinvestasi. 

Quotes Investasi Saham dari Lo Kheng Hong 

Beranjak ke investor sukses lainnya, kali ini adalah Lo Kheng Hong yang merupakan investor sukses asal Indonesia. 

Jika Warren Buffett disebut sebagai bapak investor saham dunia, maka Lo Kheng Hong disebut sebagai Warren Buffettnya Indonesia.

“Tuhan Maha Pengampun tapi  bursa saham tidak kenal belas kasihan.”

Lo Kheng Hong menilai investasi di pasar modal mudah untuk mereka yang mau belajar, tetapi susah bagi mereka yang tanpa analisa dan ikut-ikutan orang lain.

“Trading dapatnya receh tapi bisa bikin stress.”

Lo Kheng Hong menilai lebih baik investasi saham dibandingkan trading saham. Alih-alih memilih trading saham dengan keuntungan cepat, tetapi harus memantau harga saham setiap jam. 

Beda cerita menjadi investor saham jika menemukan saham yang tepat menunggu beberapa waktu akan menghasilkan profit yang maksimal dibandingkan trading saham yang keuntungannya tidak seberapa.

“Pemain saham adalah orang yang bebas.”

Lo Kheng Hong menilai investasi membuat pelakunya menjadi orang yang bebas. Bebas di sini maksudnya, tidak harus bekerja, pergi ke kantor, pelanggan, karyawan maupun bos. Tentu mengasyikkan, tanpa bekerja bisa menghasilkan uang.

“Serakahlah ketika orang lain ketakutan dan takutlah ketika orang lain serakah.”

Lo Kheng Hong mengingatkan untuk membeli saham ketika masa krisis saat orang lain takut membeli saham. Pada 2008, ia termasuk serakah membeli portofolio saham ketika sedang anjlok, justru saat pemulihan ekonomi, waktu yang tepat untuk menjualnya.

“Sisakan uang 15 persen.”

Lo Kheng Hong mengatakan, sebaiknya dalam berinvestasi saham tidak menggunakan seluruh uang yang dimiliki untuk membeli saham. 

Sisakan minimal dana 15 persen yang ada dan digunakan saat masa krisis-krisis saat saham sedang terkontraksi.

“Sabar”

Kunci sukses investasi saham adalah kesabaran. Lo Kheng Hong mengingat para investor saham untuk tidak terburu-buru menjual saham. Tunggu hingga harga saham benar-benar naik untuk menjualnya.

Cari saham harga murah dengan kualitas premium.”

Lo Kheng Hong juga menyarankan untuk menganalisis saham sebelum memutuskan untuk membeli saham. 

Hal ini untuk memastikan saham yang dibeli memiliki harga yang tepat dengan kualitas fundamental perusahan yang baik.

“Jangan membeli saham karena influencer atau ikut-ikutan teman.”

Lo Kheng Hong juga mengingatkan saat melakukan investasi saham, investor benar-benar mempelajari saham yang akan dibelinya. Jangan membeli saham hanya karena terpengaruh orang lain.

Demikian, kumpulan quotes investasi saham yang bisa menjadi motivasi dan pelajaran kamu saat investasi saham. 

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.