6 Investasi yang Paling Menguntungkan untuk Jangka Panjang

Beberapa orang memiliki cara unik untuk menyimpan uang mereka agar tidak terkena dampak inflasi di kemudian hari. Salah satu caranya adalah dengan melakukan investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang.

Selain mengamankan uang, investasi jangka panjang juga bertujuan untuk menambahkan nilai uang yang kita miliki di masa depan. Alih-alih investasi jangka pendek dengan segala macam keuntungannya, lebih baik pilih salah satu instrumen investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang.

Meskipun investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang memberikan banyak keuntungan secara finansial, tetapi kita tetap harus memiliki motivasi yang kuat untuk menjalaninya. 

Pasalnya, dalam kurun waktu 1 sampai 5 tahun kita tidak bisa mencairkan atau menggunakan uang tersebut. Apabila investasi jangka pendek bisa dengan mudah dijual kepada orang lain atau perusahaan dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, hal tersebut tidak berlaku bila kita melakukan investasi jangka panjang.

Pada investasi jangka panjang, apapun pilihan instrumen investasi yang dipilih, hampir seluruhnya memiliki sistem di mana kita akan menanamkan sejumlah modal secara berkala atau tidak berkala dan kurun waktu yang cukup panjang dan belum dapat dicairkan hingga tenggat waktu yang telah disepakati kedua belah pihak.

Namun, keuntungan yang akan didapatkan harus diperhitungkan seperti imbal hasil atas usaha tertentu atau penguasaan dan pemilikan atas objek tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya kita memikirkan motivasi atau tujuan investasi jangka panjang yang tepat agar proses investasi terus berjalan.

Misalnya, ingin membeli rumah, mempersiapkan dana pendidikan anak hingga mempersiapkan dana pensiun. Apapun itu bisa dibuat menjadi motivasi agar kita tetap semangat menjalani investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang.

Ada banyak instrumen investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang yang bisa kita pilih. Dari sekian banyak instrumen investasi, berikut ini adalah investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang yang banyak direkomendasikan para investor.

1. Investasi emas atau logam mulia

Instrumen investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang yang pertama direkomendasikan adalah emas atau logam mulia. 

Sebagai aset investasi jangka panjang, emas atau logam mulia bersifat tahan terhadap inflasi. Baik ekonomi sedang terpuruk atau nilai mata uang yang merosot, harga emas atau logam mulia cenderung stabil bahkan terkadang bisa melambung tinggi.

Hanya emas atau logam mulia yang nilai investasinya tidak bisa ditetapkan melalui kebijakan suku bunga suatu negara atau pemerintahan tertentu. Inilah yang membuat emas atau logam mulia menjadi instrumen investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang yang paling direkomendasi.

Selain tahan terhadap inflasi, salah satu keuntungan instrumen investasi yang satu ini adalah sifatnya yang likuid atau mudah dicairkan kapanpun tergantung kemauan kita.

Cara mendapatkan emas atau logam mulia cukup mudah. Kita hanya perlu datang ke salah satu toko penjual emas atau logam mulia terpercaya. 

Cara untuk menentukan apakah toko tersebut terpercaya adalah saat kita membeli emas atau logam mulia kita juga diberikan sertifikat emas atau logam mulia tersebut yang nantinya bisa kita jual di masa yang akan datang.

Kini, kita tidak harus datang ke toko offline untuk membeli emas atau logam mulia. Sudah banyak perusahaan atau toko emas dan logam mulia yang melek teknologi, mereka juga memberikan kemudahan para investor yang ingin berinvestasi secara online melalui situs resmi mereka. Semakin canggih dan mudah sekali untuk berinvestasi di masa kini.

2. Investasi properti

Instrumen investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang yang paling direkomendasikan selanjutnya adalah investasi melalui properti. Sama halnya dengan emas atau logam mulia, nilai properti setiap tahunnya akan bertambah. Oleh sebab itu, mengapa instrumen investasi properti memiliki prospek yang bagus untuk jangka panjang.

Keuntungan yang ditawarkan bila berinvestasi melalui properti terbagi ke dalam dua bagian. Pertama, apabila kita menjualnya di masa yang akan datang tentu harganya akan menjulang tinggi karena diakibatkan dari keterbatasan lahan atau bisa juga karena meningkatnya populasi penduduk.

Akan tetapi, bila dalam jangka waktu 5 tahun atau berapapun kita masih belum berniat untuk menjualnya, kita juga bisa menyewakan properti tersebut. Dengan menyewakan properti, kita tetap mendapatkan pemasukan rutin untuk jangka waktu tertentu.

3. Investasi saham

Instrumen investasi saham tergolong sebagai investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang yang banyak direkomendasikan para investor. Sistemnya adalah kita yang membeli saham di perusahaan tertentu secara otomatis menjadi pemilik dari perusahaan tersebut.

Sebagai pemilik, kita berhak akan dividen dari laba perusahaan tersebut dan selisih harga jual dan harga beli setiap tahunnya. Meskipun saham memberikan keuntungan yang berlipat ganda dibandingkan instrumen investasi yang lain, namun risiko harga saham yang turun hingga anjlok juga menanti di depan mata akibat fluktuasi pasar dan ekonomi.

Untuk itu, disarankan kita berinvestasi melalui saham bluechip. Saham bluechip adalah jenis saham terbaik karena terdiri dari beberapa perusahaan yang memiliki track record perusahaan yang baik dan konsisten untuk kurun waktu yang panjang.

4. Investasi obligasi

Instrumen investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang yang digemari para pengusaha dan investor adalah obligasi atau surat utang. Di dalamnya diterangkan kegiatan atau bukti transaksi yang dilakukan pihak penerbit obligasi dan pihak pemilik dana. 

Di dalam surat tersebut nantinya akan tertera nama kita sebagai pihak pemilik dana dan jatuh tempo pinjaman yang berlaku.

Jangka waktu yang yang diberikan biasanya berkisar antara 1 sampai 10 tahun dengan kewajiban pihak penerbit obligasi menunaikan kewajiban lainnya yakni membayar bunga atas pinjaman tersebut.

Salah satu obligasi yang terkenal adalah obligasi yang rutin dikeluarkan oleh pemerintah dengan menerbitkan Surat Berharga Negara ritel atau SBN ritel yang ditujukan untuk para investor individu yang berkewarganegaraan Indonesia.

5. Investasi deposito

Deposito atau tabungan berjangka merupakan salah satu produk perbankan yang ditawarkan perusahaan perbankan kepada nasabahnya untuk membuka tabungan berjangka atau deposito. Bedanya dengan produk tabungan biasa adalah deposito memberikan suku bunga yang cukup tinggi untuk para nasabahnya.

Perihal keamanan berinvestasi, deposito sudah dijamin langsung oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga kita bisa berinvestasi dengan tenang tanpa takut ditipu.

6. Investasi unit link

Investasi unit link adalah salah satu instrumen investasi yang jarang dilirik orang karena merupakan bagian dari produk asuransi. Jadi, kita akan mendapatkan dua manfaat sekaligus yakni manfaat dana asuransi dan dana investasi. Investasi melalui unit link ini cukup menjanjikan di saat kita memasuki usia non-produktif.

Itulah investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang yang paling direkomendasikan dari instrumen investasi jangka panjang lainnya. Semoga tujuan investasi jangka panjang kita lancar hingga mendapatkan untung yang maksimal!

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.